• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • info@lldikti6.id

Festival Riset Akuntansi II “The Role Of Accounting Profession to Improve Good Governance in The Era of New Normal”

Dunia akuntansi dewasa ini dihadapkan pada lingkungan bisnis yang penuh dengan tuntutan dan perubahan terkait dengan optimisasi produktivitas melalui teknologi terkini. Keberadaan teknologi tersebut khususnya pada Revolusi Industri 4.0 menjadikan proses akuntansi menjadi lebih terotomatisasi dan peran akuntan pun bergeser menjadi seorang business advisor yang membutuhkan serangkaian ketrampilan baru yang meliputi professional skepticism, judgement, dan critical thinking skills. Pergeseran teknologi di bidang akuntansi inimenuntut akuntan untuk memiliki analytical skills yang lebih baik sebagai upaya mempertahankan eksistensinya. Selain itu, dengan masuknya pandemic corona di tahun 2020 ini, akuntan harus cepat beradaptasi dengan business models baru di era New Normal. Oleh karena itu, webinar yang bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai perubahan peran tersebut akan sangat bermanfaat khususnya bagi para akuntan pendidik di Indonesia.

Perguruan tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta memiliki kewajiban untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Salah satu wujud dari pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi adalah melakukan riset dan publikasi karya ilmiah. Melalui karya ilmiah, dosen dapat membangun budaya akademik yang baik, seperti terbiasa melakukan critical thinking, melakukan riset dengan baik, kemampuan analisis dan solusi, kemampuan beragurmen dengan baik serta menguasai teknik menulis ilmiah.

Untuk menambah wawasan kalangan akademisi mengenai bagaimana meningkatkan profesionalisme akuntan pada era New Normal, serta untuk meningkatkan kemampuan Dosen dalam melakukan riset dan Publikasi Ilmiah maka Ikatan Akuntan Indonesia Forum Dosen Akuntansi Perguruan Tinggi Provinsi Jawa Tengah bermaksud menyelenggarakan kegiatan Festival Riset Akuntansi berskala nasional dengan tema “the role of accounting profession to improve good governance in the era of new normal. Kegiatan akan dilakukan dalam bentuk Webinar Nasional dan Call for Papers pada tanggal 3 Oktober 2020. Adapun narasumber dalam acara ini adalah:

  1. H. Ganjar Pranowo, SH., M.IP  (Keynote Speaker)
    (Gubernur Jawa Tengah Periode 2018 s/d 2023)
  2. Prof. Dr. Mardiasmo, MBA., Akt
    (Ketua DPN IAI Periode 2018 s/d 2022)
  3. Dr. Hector Sanchez-Lopez
    (Data Scientist, Visiting Professor Kyoto University Japan)

Dengan terselenggaranya Festival Riset Akuntansi ini, diharapkan dosen akuntansi dapat meningkatkan keahliannya pada era New Normal serta dapat meningkatkan kemampuan melakukan riset dan penulisan artikel publikasi ilmiah. Calon peserta yang berminat dapat menghubungi Gita (0856 4075 3860), atau Sandra (0822 4246 4868) untuk informasi lebih lanjut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram