Stikes Estu Utomo buka Shorinji Kempo

STIKes Estu Utomo menggelar Grand Opening Shorinji Kempo serta latihan perdana (coaching) pada hari Rabu (4/3) di aula kampus, dan diikuti 78 mahasiswa tingkat I sebagai kegiatan intrakurikuler di STIKes Estu Utomo. Grand Opening Shorinji Kempo serta latihan perdana ini dipimpin langsung oleh pendiri Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI), Sensei Drs. Indra Kartasasmita, M.Sc.

Kegiatan intrakurikuler kempo ini berawal dari gagasan Drs. Indra Kartasasmita, M.Sc selaku Ketua Yayasan Estu Utomo yang juga pendiri PERKEMI. Gagasan ini disambut baik oleh STIKes Estu Utomo dengan mewajibkan mahasiswa tingkat I mulai Tahun Akademik 2019/2020 untuk mengikuti  Kempo.

STIKes Estu Utomo, Sri Handayani, S.SiT, M.Kes dalam sambutan menyampaikan beberapa latar belakang dari kegiatan ini antara lain meningkatkan kedisiplinan mahasiswa dan juga kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menjalin kerjasama dengan Jepang baik sebagai penciri kampus siaga bencana maupun magang/praktik kerja di luar negeri khusunya Jepang yang diawali dengan mengenal budaya Jepang.

“Kempo merupakan salah satu jenis olah raga beladiri dan juga bela mental karena karena didalam ajaran Kempo ditanamkan rasa disiplin yang tinggi serta rasa persaudaraan dan kasih sayang sesama pemain Kempo sesuai dengan doktrin Shorinji Kempo yaitu 1) sebagian kebahagian untuk diri sendiri dan sebagian lagi untuk orang lain, 2) taklukkan dirimu sebelum menaklukkan orang lain dan 3) kasih sayang tanpa kekuatan adalah kelemahan dan kekuatan tanpan kasih sayang adalah kezaliman.

“Saya berharap mahasiswa tidak hanya belajar tehnik beladirinya tetapi juga memahami dan memaknai filosofinya, jangan dipamerkan, jangan sombong ketika sudah menguasai tehnik beladiri kempo”, ungkap Sensei Indra dalam sambutannya.

Kegiatan intrakurikuler Kempo diselenggarakan bekerjasama dengan PERKEMI Kota Surakarta dan Boyolali setiap hari Senin dan Rabu pukul 14.30 – 17.00 WIB di aula STIKes Estu Utomo.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram