Previous slide
Next slide

Prodi Teknik Informatika PHB Kembangkan Hand Sanitizer Otomatis

Dalam rangka membantu mengurangi persebaran pandemi COVID-19 Program Studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal ikut serta berkontribusi dengan mengembangkan alat hand sanitizer otomatis.

Hand sanitizer otomatis berkapasitas daya listrik 4400 mAh ini cukup di-charge sampai daya terisi penuh, setelah itu siap diletakkan di mana saja tanpa perlu khawatir mengenai daya listriknya. Ketika tangan pengguna didekatkan ke arah sensor ultrasonic botol sprayer (semprotan) akan tersembur secara otomatis. Pengguna tidak perlu menekan tuas sprayer. Alat tersebut tercipta berkat kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa,” ujar Muhammad Fikri Hidayatullah, Senin, (22/6).

Dosen DIV Teknik Informatika PHB Muhammad Fikri Hidayatullah, ST MKom selaku penggagas ide ini menyampaikan selama ini cairan hand sanitizer ditaruh di dalam sebuah botol dan untuk mengeluarkannya harus ditekan ujungnya dengan proses pumping (pemompaan).

Padahal dengan mekanisme semacam ini telah terjadi kontak fisik antara tangan pengguna dengan ujung botol. “Hal tersebut sangat memungkinkan akan mengurangi higienitas pada tangan pengguna. Oleh karena itu muncul ide untuk menciptakan alat hand sanitizer yang dapat bekerja secara otomatis tanpa ada kontak fisik dengan wadah cairan hand sanitizer.” ujarnya

Pengguna cukup mengarahkan salah satu telapak tangannya ke arah sensor ultrasonik yang telah terpasang tanpa perlu menekan tuas sprayer. Secara otomatis tuas spayer akan digerakkan oleh tarikan kawat besi yang terhubung ke motor servo. Setelah terjadi tarikan, maka cairan akan keluar dalam bentuk semburan.

Ketua Prodi DIV Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, MKom menambahkan ke depannya, program studi DIV Teknik Informatika akan terus berinisiatif melakukan inovasi teknologi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat.

Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Prodi DIV Teknik Informatika, hand sanitizer otomatis ini telah dibagikan ke beberapa masjid strategis di Kota Tegal sejak Jum’at, (12/6) lalu.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram