Previous slide
Next slide

FTIK USM Bangun Website Data Kematian Warga di Kelurahan Beji Ungaran

IMG_20190726_222916

FTIK (Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi) USM (Universitas Semarang) melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat yang beranggotakan Febrian Wahyu Christanto, M.Cs., Sri Handayani, MT., dan Victor Gayuh Utomo, M.Kom. baru saja membangun dan mensosialisasikan Sistem Informasi (Website) Data Kematian untuk Warga di Wilayah Kelurahan Beji, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Sabtu (27/7) di Gedung Serbaguna RT003/RW012 Beji, Ungaran Timur tersebut dihadiri sekitar 50 perwakilan warga yang merupakan Ketua RT dan Ketua RW setempat agar nantinya dapat disebarkan kepada seluruh warga Kelurahan Beji. Konten dari sosialisasi ini adalah penggunaan Sistem Informasi Data Kematian Warga dan cara akses informasi data warga hidup, data warga meninggal, data iuran warga, dan berita.

Inisiasi dari Website Data Kematian Warga dan kegiatan sosialisasi ini merupakan hasil kerjasama FTIK USM dan Pawarti PSB (Paguyuban Warga Kematian Puri Sela Buana) yaitu suatu organisasi sosial yang bertugas melayani warga berduka, memberikan santunan kepada warga berduka, mengelola tempat pemakaman warga, mengelola data kematian warga, dan mengelola iuran kematian warga di wilayah Kelurahan Beji, Ungaran Timur.

Ditemui di sela-sela kegiatan sosialisasi ini, Pribadiono, Ketua Pawarti PSB mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi bantuan dari FTIK USM untuk mewujudkan website pengelola data kematian warga ini. Di jaman yang membutuhkan keterbukaan dan transparasi ini, perlu sekali suatu terobosan teknologi untuk membantu. Dan Website ini merupakan solusi yang paling efektif untuk pelaporan kepada warga masyarakat dikarenakan jumlah anggota kami di Pawarti PSB lebih dari 4000 warga dan akan selalu bertambah pastinya”.

Senada dengan Ketua Pawarti PSB, Victor Gayuh Utomo, pembicara dalam kegiatan sosialisasi ini mengatakan, “Sekarang ini teknologi dan internet sudah bukan hal yang mahal, bahkan teknologi dan internet sudah menjadi kebutuhan di masyarakat. Sehingga teknologi website yang diterapkan untuk mengelola data kematian warga ini akan sangat mudah diterima masyarakat”.

Febrian Wahyu Christanto selaku Humas FTIK USM mengatakan, “Kami dari USM siap membantu warga Jawa Tengah dan dimanapun berada untuk kebutuhan akan teknologi praktis. Semoga dengan kerjasama yang terjalin dengan Pawarti PSB Kelurahan Beji Ungaran ini akan tercipta kerjasama-kerjasama lain dengan daerah-daerah lain”.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram