Previous
Next

Cara Mendesain Slide Presentasi Yang Menarik Dengan Teknik Creative Shape

Penulis : Dr. Ir. Erry Ricardo Nurzal, M.T., M.P.A.
Blog : https://erry-ricardo.com/2022/03/14/cara-mendesain-slide-presentasi-yang-menarik-dengan-teknik-creative-shape/#.Yi66NHpByUk

Apakah Anda ingin dengan mudah membuat slide presentasi yang menarik ?

Tentu Anda ingin, bukan ?

Slide presentasi yang menarik adalah slide yang indah dan pesannya jelas. Untuk membuat slide presentasi yang menarik itu, maka Anda dapat menggunakan gambar.

Akan tetapi, ketika Anda menggunakan gambar, maka Anda bisa saja mengalami kesulitan meletakkan pesannya, karena pesannya bertumpuk dengan gambarnya.

Misalnya, Anda punya gambar seperti di bawah ini yang akan Anda gunakan untuk membuat slide presentasi.

Ketika Anda memasukkan pesan ke dalam slide tersebut di atas, maka slide presentasi Anda bisa berbentuk seperti gambar di bawah ini.

Tentu saja, audiens Anda akan kesulitan melihat slide presentasi di atas. Pesan dalam slide tersebut tidak dapat dilihat dengan jelas oleh audiens Anda, karena pesannya bertumpuk dengan gambarnya.

Untuk itu, Anda perlu membuat white space pada gambar di atas. Istilah white space mengacu pada “ruang yang kosong”. Di dalam sebuah gambar, white space itu ditunjukkan pada area yang tidak mengandung obyek apapun.

Pada gambar di atas, maka Anda dapat menciptakan white space-nya pada bagian sebelah kanan dimana Anda dapat meletakkan teksnya dan bagian kiri Anda dapat meletakkan gambarnya.

Untuk membuat itu, maka Anda dapat menggunakan teknik creative shape. Teknik ini merupakan teknik yang menghadirkan sisi kreativitas Anda dengan menggunakan shape yang bentuknya unik.

Contoh slide yang dibuat dengan menggunakan teknik creative shape bentuknya bisa seperti gambar di bawah ini.

Cara membuatnya sangatlah mudah.

Mari kita ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini.

Langkah # 1 : Masukan Gambar Yang Relevan

Pada slide yang kosong Anda memasukan gambar yang relevan.  Gambar tersebut dapat Anda download dari https://unsplash.com/photos/rxpThOwuVgE. Gambar tersebut bebas untuk digunakan dan kami berterima kasih pada useproof.com yang telah memberikan gambar tersebut.

Langkah # 2 : Masukan Shape Yang Bentuknya Unik

Masukan shape yang bentuknya unik. Misalnya, Anda menggunakan beberapa shape hexagon yang Anda susun yang bentuknya lain dari yang lain. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 3 : Masukan Gambar ke Dalam Shape Yang Bentuknya Unik

Slide yang dibuat pada langkah 2 di atas, Anda masukan gambarnya ke shape hexagon. Caranya adalah Anda select all seluruh shape hexagon, pilih fitur shape format, pilih merge shape, dan pilih union. Dengan melakukan hal itu, maka Anda akan mendapatkan kesepuluh shape hexagon telah menjadi satu shape.

Kemudian, Anda klik gambar, tekan tombol shift, klik shape yang telah di-union, pilih fitur shape format, pilih merge shape, dan pilih intersect. Hasil akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Untuk memperindah tampilan slide-nya, maka Anda dapat melakukan overlay satu shape hexagon yang paling ujung kiri dengan satu shape hexagon yang sama dan diberi warna merah. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 4 : Tambahkan Warna Background

Anda dapat menggunakan warna background gelap. Misalnya, Anda dapat menggunakan warna hitam. Hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Langkah # 6 : Masukan Teks

Tambahkan teks yang sesuai seperti yang telah Anda rancang. Karena warna background yang dipilih adalah warna gelap (warna hitam), maka Anda dapat menggunakan warna teks putih dan oranye agar tampilan slide presentasi Anda terlihat kontras. Hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah, cara membuat slide presentasi yang menarik dengan teknik creative shape.

Dengan teknik ini, maka Anda dapat menciptakan “ruang kosong” pada gambar yang Anda miliki dimana Anda dapat meletakkan teks pada ruang kosong tersebut.

Dengan kreativitas yang Anda miliki, maka Anda dapat menggunakan bentuk shape selain bentuk di atas, misalnya antara lain dengan menggunakan shape isosceles triangle, rectangle-rounded corners, dan oval yang Anda bentuk agar menjadi unik.

Hasilnya tentu saja Anda akan menghasilkan slide presentasi yang menarik.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram