Previous
Next

Tim Robotika USM Raih Juara 1

WhatsApp Image 2020-10-09 at 13.20.41

Tim Robotika Universitas Semarang (USM)  berhasil meraih juara 1 pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2020 yang diselenggarakan secara daring oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud untuk Wilayah I Indonesia bagian barat yang meliputi Jateng, Jabar, Sumatera, Riau, dan Batam pada Kamis (8/10).

Tim Robotika Teknik elektro USM mengirimkan tiga divisi KRI yaitu Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI).

Robot “Useros” USM berhasil meraih juara 1 pada divisi KRSBI beroda dan robot Injoh-Bot juga berhasil meraih juara 1 pada divisi KRPAI.

Tim Useros yang terdiri dari Sungging Fadmasetya, Setyo Mudo, Muhammad Achany, dan Edi Priyono dengan dosen pembimbing La Ode Muhammad Idris MT ini berhasil mencetak gol sebanyak 10, 9, dan 8 sehingga selain mendapat juara 1 juga meraih  peringkat Best Strategy menyisihkan ITB, Unsri Palembang, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Padang, dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

Sementara Tim Injoh-Bot yang terdiri dari Agus Prianto, Dimas Septian Aldianto, dan Arga Riski Kurniawan dengan pembimbing Sapto Budi Priyanto mendapat perolehan nilai 640 sehingga meraih juara 1 mengalahkan Unsoed, Unsri Palembang, dan Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan USM Dr Supari MT mengapresiasi prestasi tim robotika  USM dan berharap kontes robot ini dapat dijadikan sarana menumbuhkan softskill dan semangat berkarya.

“Keikutsertaan mahasiswa dalam kompetisi-kompetisi nasional seperti ajang kontes robot yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud ini merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan softskills khususnya semangat berani berkarya di kalangan mahasiswa USM”

“Raihan mahasiswa tim robotika USM adalah salah satu indikasi yang menunjukkan bahwa kami segenap sivitas akademika USM terus berbenah mengejar kualitas,” tambahnya.

Menurut salah satu pembimbing Sapto Budi Priyanto bahwa mahasiswa teknik elektro yang tergabung dalam tim robotika ini melakukan persiapan untuk menghadapi kontes robot selama satu tahun.

“Mereka membuat robot secara bersungguh-sungguh dan semangat untuk meraih juara sesuai tema KRI 2020 dan alhamdulillah berhasil meraih juara 1 pada divisi KRPAI dan divisi KRSBI, dan saat ini tim robotika USM sedang menyiapkan untuk menuju tingkat nasional yang akan digelar pada November mendatang,” jelasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram