Perpustakaan UNIMUS Raih Akreditasi “ A “

Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) berhasil meraih prestasi, yakni terakreditasi   A dari Perpustakaan Nasional RI. Unimus bersyukur perpustakaan kami mendapat nilai A menyusul visitasi secara vitual yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2020 yang lalu.

Banyak komponen yang dinilai, sedikitnya ada 6 standar termasuk koleksi dan pelayanan perpustakaan. Hasil ini tentu sangat menggembirakan bagi Unimus dan penataan serta pengembangan perpustakaan yang harus dibenahi, termasuk penyempurnaan dari aspek sarana prasarana, koleksi fisik dan virtual. Juga pada aspek SDM dengan memfasilitasi pendidikan melalui studi lanjut ke jenjang S3” ujar Rektor Unimus Prof Dr Masrukhi MPd didampingi Kepala Perpustakaan Unimus M Firdaus Charis Nursecha SHum kepada pers di kampus setempat, Kamis (6/8/2020).

Akreditasi tersebut digelar berdasarkan evaluasi yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan. Dengan prestasi yang diperoleh ini, Unimus dikukuhkan lewat sertifikat akreditasi bernomor 00156/LAP. PT/VII.2020, berlaku selama lima tahun terhitung dari 29 Juli 2020 sampai dengan 29 Juli 2025.

Dijelaskan Kepala Perpustakaan Unimus, M Firdaus, baru beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang mendapat akreditasi A. “Ada beberapa perpustakaan PTS di Semarang yang mengikuti akreditasi, dan yang mendapatkan akreditasi A tercatat ada 4, satu di antaranya Unimus.” ungkapnya

Ia menambahkan,  untuk mendapat akreditasi A, minimal perpustakaan PTS mendapatkan nilai 91 dari Perpusnas,  Unimus mendapat nilai 94 atau bisa dikatakan melebihi standar nilai akreditasi.

“Perpustakaan Unimus memiliki koleksi 9 ribu buku dan fasilitas pendukung perpustakaan. Selanjutnya,  kami wajib menjaga dan meningkat akreditasi guna menciptakan kampus yang unggul. Kami juga akan fokus pada pelayanan untuk mendukung kegiatan pembelajaran di Unimus,” kata Firdaus.

Menurut Rektor, peraihan nilai akreditasi A untuk perpustakaan Unimus menambah semangat dalam upaya persiapan Unimus menuju akreditasi institusi perguruan tinggi (AIPT) tahun 2021. Unimus berharap bisa meraih nilai A dalam AIPT tahun 2021 nantinya, serta nilai A perpustakaan sangat menopang institusi dalam rangka akreditasi AIPT tersebut .“Selama ini Unimus menyiapkan akreditasi perpustakaan serta akreditasi prodi. Kita memacu agar minimal 30 persen prodi bisa meraih akreditasi A sebagai modal untuk AIPT A” tandas Rektor.

Semoga dengan perolehan Akreditasi “A”  tersebut, Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Semarang dapat menjadi Perpustakaan yang dapat menyediakan informasi yang dapat digunakan sebagai bahan dalam menunjang pencapaian sumber daya manusia yang baik, profesional dalam bidang yang telah diminati, sehingga dapat menyesuaikan diri terhadap ilmu pengetahuan , teknologi, seni, islami serta berwawasan internasional sesuai dengan visi misi dari Universitas Muhammadiyah Semarang.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram