• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • info@lldikti6.id

Tingkatkan Promosi Produk, Dosen FTIK USM Beri Pelatihan UMKM Kelurahan Tambakrejo

Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) menggandeng Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kelurahan Tambakrejo Kota Semarang untuk diberika pelatihan dalam meningkatkan kemampuan penggunaan media sosial Instagram baru-baru ini.

Media sosial merupakan bagian dari internet yang memiliki fungsi salah satunya sebagai media yang digunakan untuk mempromosikan produk olahan makanan yang digunakan oleh pelaku usaha.

Saat ini media sosial digunakan sebagai alat promosi karena memiliki respon secara langsung dengan penggunanya. Dewasa ini sudah mulai banyak bermunculan akun di media sosial yang digunakan untuk memasarkan produk olahan makanan secara lebih luas.

Kelurahan Tambakrejo adalah wilayah yang masyarakatnya banyak melakukan bisnis, dari usaha kecil, menengah sampai usaha besar. Produk khas kelurahan Tambakrejo adalah bandeng presto.

Penghasilan utama masyarakat adalah dengan berjualan bandeng presto. Dalam kenyataannya pendapatan yang dihasilkan masih sangat kecil, dikarenakan masyarakat luas belum mengetahui produk yang mereka hasilkan. Pelatihan model ceramah dan praktik langsung mempunyai tujuan dari pengabdian ini adalah masyarakat bisa memanfaatkan media sosial (facebook dan Instagram) dalam memasarkan produknya.

Hal ini lah yang mendasari Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Dosen USM untuk mengadakan sebuah Pelatihan “Peningkatan Kemampuan Pemanfaatan Sosial Media Untuk Promosi Produk Di Kelompok Usaha Kelurahan Tambakrejo Semarang”.

Pelatihan tersebut diberikan langsung oleh Dosen FTIK Universitas Semarang, Dr Titin Winarti, Aria Hendrawan MKom serta Henny Indriyawati MKom.

“Pelatihan pemanfaatan media sosial diikuti oleh pelaku UMKM dan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan Instagram dan Facebook sebagai media promosi produk” ungkap salah satu pemateri Aria.

“Diharapkan kedepannya masyarakat bisa memanfaatkan sosial media Instagram dan Facebook dalam memasarkan produknya’ tambahnya.

Adapun kegiatan  pelatihan memanfaatkan Laboratorium Komputer FTIK USM karena spesifikasi komputer sudah sangat bagus diatas rata-rata dan sangat mendukung untuk kegiatan berbagai pelatihan.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram