Previous slide
Next slide

FTP USM Gelar Webinar Probiotik

Dalam rangka mempersiapkan kebijakan pemerintah terkait New Normal Fakultas Teknologi  Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) menggelar webinar dengan tema “Peran Probiotik Di Masa New Normal 2020 pada Kamis (25/6) di Gedung  V USM.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Dr laksmi Hartajani MP dari Unika Soegijapranata dan A Nani Cahyanti Msi, dosen FTP USM. Kegiatan yang diikuti 250 peserta lebih dari berbagai daerah di Indonesia  mulai dari Aceh sampai Papua  terdiri dari kalangan mahasiswa, dosen PTN dan PTS serta perwakilan dari instansi.

Dalam sambutannya Dekan FTP USM Dr Ir Haslian MSi mengatakantujuan kegiatan webinar ini adalah memperkaya keilmuan dalam bidang sains dan teknologi terkait dengan kebijakan new normal. Haslina menambahkan probiotik sangat bermanfaat  bagi kesehatan antara lain meningkatkan imunitas tubuh, memproteksi dari infeksi serta memproduksi hormon serotonin yang dapat berpengaruh terhadap rasa rileks seseorang.

Dalam paparannya, Dr laksmi Hartajani menyampaikan materi terkait bagaimana meningkatkan imunitas selama pandemi dengan probiotik. Menurut Dr Laksmi, dosis probiotik yang dibutuhkan tubuh seseorang adalah dua kapsul per hari.

Sementara Nani Cahyanti MSi menyampaikan materi tentang  Yogurt bahan pangan lokal sebagai pangan probiotik. Menurutnya probiotik merupakan mikroorganisme hidup seperti bakteri dan jamur yang baik yang memberi efek kesehatan bagi tubuh. Dalam paparannya Nani menyampaikan terkait yogurt probiotik dan bagiamana memilih dan membuat kultur probiotik untuk yogurt.

“Untuk membuat kultur probiotik yogurt harus memenuhi persyaratan kultur probiotik, persyaratan kultur fermentasi yang terdiri dari jumlah minimal sebagai starter dan aktifitas metabolism optimal dengan membuat kurva pertumbuhan  bakteri, karakterisitik morfologi koloni, karakteristik morofolofi sel dan karakteristik fermentasi gula” ungkapnya.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram