Previous slide
Next slide

FTSP UNIBA Surakarta Selenggarakan Webinar Membangun Ketahanan Pangan

Fakultas Teknologi, Sains dan Pertanian (FTSP) Universitas Islam Batik (Uniba) Surakarta menyelenggarakan webinar “Membangun Ketahanan Pangan Menghadapi New Normal Covid- 19” pada Kamis (11/6) yang diikuti oleh 900 peserta dari seluruh Indonesia baik dari instansi maupun Perguruan Tinggi.

Pembicara dalam webinar ini adalah alumni Fakultas Pertanian UNIBA, Sartoto, SP yang sukses melakukan bisnis pertanian berbasis lahan pekarangan. Pembicara lainnya adalah Ir Suryo Banendro, MP, pemangku kebijakan pangan Provinsi Jawa Tengah, Dr Ir Endy Triyannanto, SPt, MEng, IPM, ASEAN Eng, pakar pengolahan hasil ternak, pembina UMKM dan pakar teknologi pengemasan produk peternakan, serta Dr Ir Wahyudi Sutopo, ST, MSi Ketua Riset Group Rekayasa Industri dan Tekno-Ekonomi termasuk rantai pasok pangan.

Tampilnya salah satu alumni fakultas pertanian sekaligus untuk mempromosikan FTSP Uniba. Membangun ketahanan pangan dibahas oleh pembicara dari berbagai sudut pandang dan berbagai bidang sehingga webinar ini menjadi lebih komprehensif.

Dekan FTSP, Srie Juli Rachmawatie, SP, MSi menyatakan bahwa pandemi Covid-19, telah mempengaruhi kondisi perekonomian negara, terutama sektor pariwisata, sektor jasa, industri dan juga pertanian. Sebagai contoh pada bulan April kemarin, yaitu pada saat bulan puasa dan menjelang idul fitri yang biasanya permintaan akan produk-produk pertanian dan peternakan naik, pada saat tersebut justru turun akibat banyak hotel, restoran, rumah makan dan cattering yang tutup akibat covid-19.

Kondisi ini menyebabkan harga-harga pada saat tersebut turun. Bahkan di beberapa tempat ada petani yang membuang-buang hasil pertaniannya. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi petani untuk mengelola lahan usaha taninya. Di sisi yang lain adanya kebijakan Work From Home (WFH) dan Study From Home (SFH) mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan pertanian dan pekarangan yang dimiliki dengan membudidayakan aneka tanaman, terutama sayur-sayuran, sebagai antisipasi jika pandemi masih berlanjut.

Berpijak pada latar belakang tersebut, FTSP Uniba Surakarta bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, mengadakan webinar sebagai wujud kontribusi keilmuan terhadap kondisi pertanian yang berkembang di lapangan. Acara webinar ini juga disiarkan secara live streaming di channel YouTube FTSP UNIBA Surakarta.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram