• Jalan Pawiyatan Luhur I No.1, Semarang 50233 |
  • (024) 8317281 |
  • info@lldikti6.id

PHB Peduli Pengrajin Batik Tegalan

Politeknik Harapan Bersama (PHB) beri bantuan kepada Kelompok pengrajin Batik Tegalan. Bantuan berupa paket sembako yang diberikan untuk para pengrajin Batik Tegalan dan diserahkan secara simbolis kepada ketua kelompok Batik Tegalan Riski Ayu dan Canting Mas Desa Kalinyamat Wetan Kecamatan Tegal Selatan, (6/5).

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh dosen D3 Akuntansi PHB Ida Farida,SE,MSi, fokus kepada kelompok pengusaha mikro yaitu pengrajin Batik Tegalan di masa pandemi Covid-19.

“Jumlah sembakonya sebanyak 20 paket. Isinya antara lain minyak, gula, teh, kecap dan mie instan. Semoga sedikit bantuan tersebut dapat mendukung keberlanjutan usaha para pengrajin Batik Tegalan”, ujar Ida.

Tidak hanya memberikan paket sembako, para dosen tersebut juga memberikan sedikit tips untuk para pengrajin Batik Tegalan selama menghadapi pandemi Covid-19.

Tips yang bisa dilakukan oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yaitu memeriksa kondisi keuangan. “Hal yang perlu dipastikan terlebih dahulu adalah posisi kemampuan membayar kewajiban jangka pendek bisnis,” kata Ida.

Kemudian memastikan arus kas (cashflow) terjaga dengan sehat dan mencatat pola pengeluaran.

Wakil Direktur 1 PHB Sunandar, SE, M.Si, Ak, CA menambahkan himbauan di tengah kondisi saat ini, masyarakat sebisa mungkin mengurangi transaksi secara langsung.

“Salah satu cara untuk mempromosikan produk atau usaha pada UMKM adalah dengan menggunakan media sosial. Kita harus memanfaatkan media sosial sebagai cara utama memasarkan produk,” ujar Sunandar yang juga menjadi anggota PKM tersebut.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram