Previous slide
Next slide

Seminar Nasional Akuntansi UKSW Online : Terobosan Antisipasi Pandemi Covid-19

Kelompok  Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Kristen Satya Wacana pada tanggal 18 Maret 2020 mengadakan seminar nasional bertajuk “NASSA: National Seminar on Accounting” dengan tema “TRANSFORM” yaitu To Become an Auditor Who is Ready and Great in Passing Challenges and Looking for Opportunities that Occur in the Industrial Revolution 4.0. Acara ini merupakan acara tahunan yang selalu diselenggarakan oleh program studi Akuntansi FEB UKSW.

Pada awalnya acara ini didesain dalam bentuk tatap muka yang dihadiri mahasiswa, dosen dan praktisi secara nasional di UKSW. Namun karena pandemi Covid-19, panitia merubah tatanan seminar menjadi berbasis online dan kemudian diberi nama E-Nassa. Hal ini tidak menyurutkan semangat mahasiswa dalam mendapatkan pengetahuan di bidang audit dari narasumber yang memiliki keahlian di bidang audit yaitu Agung Nugroho S, S.E., M.Ak., CPA., CA., CPMA selaku Senior Advisor RSM Indonesia dan Dr. Suzy Noviyanti, S.E., M.M., AKT., CPA yang merupakan dosen Prodi Akuntansi FEB UKSW sekaligus Korwil Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) Jawa Tengah.

Sambutan secara online disampaikan oleh Ketua Ikatan Akuntan Indonesia, Hendri Santosa, SE., M.Si, Ak, CA yang juga merupakan Kepala Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Generasi millennial tetap antusias dalam menerima materi secara online. Sambutan online juga disampaikan oleh Kaprodi S1 Akuntansi FEB UKSW, Dr. Theresia Woro Damayanti, SE.,M.Si.,Ak.,CA; dan Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW, Roos Kities Andadari, SE.,MBA.,Ph.D. Seminar online pertama di UKSW ini pun diterima dengan antusiasme yang tinggi oleh mahasiswa dari berbagai fakultas di UKSW dengan total peserta Online sebanyak 249 peserta.

Ketua Panitia E-NASSA 2020 Gideon Felix Gunawan dalam sambutannya memberikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh staff Program Studi Akuntansi yang membantu agar E-NASSA ini dapat berlangsung. Perubahan menjadi seminar Online dilakukan sebagai tindak lanjut dari berbagai Surat Edaran yang di keluarkan pemerintah tetapi disisi lain tidak ingin menyurutkan semangat keluarga besar NASSA yang telah berusaha keras mempersiapkan acara ini. Hasil diskusi panitia dengan beberapa dosen prodi Akuntansi FEB UKSW terciptalah ide untuk membuat Seminar Online ini, dimana transfer pengetahuan tetap dapat dilakukan dan disisi lain tetap menjaga social distancing untuk memitigasi resiko penularan virus covid-19.

Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan langkah untuk saling membagikan ilmu. Dalam waktu kurang dari 4 hari, seluruh panitia merubah seluruh rencana kegiatan menjadi Seminar online. Apresiasi yang setinggi-tingginya untuk seluruh panitia yang telah berupaya keras untuk itu, ungkap Ketua Program Studi Akuntansi FEB UKSW dalam sambutannya. Selain itu, Ketua Program Studi Akuntansi FEB UKSW juga mengucapkan terima kasih kepada para pemateri, serta Alya  Nurshabrina, Miss Indonesia 2018 yang telah mendukung acara ini secara luar biasa dan pihak-pihak lainnya.

Sebagai bentuk penjaminan mutu aktivitas seminar online, mahasiswa dapat mengajukan pertanyaan secara online dengan mengisi formulir elektronik yang disediakan. Panitia kemudian merangkum dan menyampaikan pertanyaan kepada pembicara. Mahasiswa juga diminta memberikan tanggapan atas konten seminar dengan mengungah di laman FLEARN.

Seminar online ini memiliki keunggulan karena dinilai lebih fleksibel (dapat diakses dimana saja dan kapan saja), dan lebih efisien disegala aspek tetapi untuk materi yang diberikan tidak kalah dengan seminar konvensional biasanya. Protokol kesehatan tetap dapat dijaga, social distancing dapat dilakukan dengan mengubah hambatan menjadi peluang untuk tetap berkiprah dan memperoleh pengetahuan.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram