Previous slide
Next slide

Prodi D III Kebidanan Stikes Aisyiyah Surakarta Raih Akreditasi A di Penghujung Tahun 2019

Persaingan perguruan tinggi untuk menjadi yang terbaik dan unggul merupakan keniscayaan yang dibutuhkan dalam kemajuan dunia pendidikan. STIKES Aisyiyah Surakarta merupakan perguruan tinggi yang memiliki komitmen untuk terus maju dan menjadi unggul. STIKES Aisyiyah Surakarta berupaya mendukung dan memfasilitasi program studi untuk mendapatkan akreditasi A. Di penghujung tahun 2019, STIKES Aisyiyah Surakarta mendapatkan anugrah hasil akreditasi A pada program studi D III Kebidanan (dengan Nomor SK. 0728/LAM-PTKes/Akr/Dip/XII/2019).

Standar penilaian akreditasi menunjukkan kualitas dari sebuah lembaga pendidikan. Dengan diraihnya akreditasi A untuk prodi D III Kebidanan, menunjukkan adanya pengakuan dari pemerintah dan masyarakat bahwa bidan Aisyiyah Surakarta mempunyai keunggulan. Pencapaian ini patut disyukuri dan dibanggakan, hasil ini adalah bukti kerja nyata penuh integritas seluruh komponen: mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, pimpinan, alumni, dan mitra kerja. Capaian ini juga merupakan tantangan besar yang harus dihadapi dengan inovasi untuk memperkuat kapasitas prodi mewujudkan visinya.

Pencapaian akreditasi A dari LAM-PTKes di tahun 2019 ini merupakan proses perjuangan panjang prodi D III Kebidanan, mengingat prodi ini telah melakukan akreditasi yang ke-5 kalinya. Program Studi Diploma III Kebidanan  merupakan perkembangan panjang dari Sekolah Bidan ‘Aisyiyah (SBA) yang berdiri pada 5 Mei 1966. STIKES Aisyiyah Surakarta juga sedang mempersiapkan akreditasi untuk prodi D III Keperawatan dan Profesi Ners. STIKES mentargetkan meningkatnya jumlah program studi dengan akreditasi A sebagai upaya pencapaian AIPT menjadi unggul. STIKES Aisyiyah telah  mengamanahkan kepada Pusat Penjaminan Mutu (PPM) untuk melakukan pencapaian akreditasi A pada minimal separuh dari keseluruhan program studi yang ada. Penyusunan strategi rancangan melalui pemetaan prodi dalam pembinaan akreditasi, dan juga membuat daftar prodi dengan akreditasi yang akan berakhir atau bertahan, yang kemudian nantinya dilakukan pendampingan.

Ketua STIKES Aisyiyah Surakarta Riyani Wulandari., S.Kep.Ns.M.Kep. memaparkan, STIKES akan terus melakukan peningkatan budaya mutu melalui program Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI), untuk membangun budaya mutu perguruan tinggi yang unggul. Beliau memaparkan pentingnya membangun budaya mutu perguruan tinggi, dengan budaya mutu sangat memungkinkan mencetak lulusan yang berdaya saing. Untuk mewujudkan visi misi STIKES, maka melalui SPMI rutin tiap tahun untuk melakukan perumusan koordinasi, pelaksanaan kebijakan, serta melakukan pembinaan penjaminan mutu dari internal.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram