Previous slide
Next slide

Perkuat Tridharma PT, Untag Jalin Kerjasama dengan UPH Surabaya

WhatsApp Image 2019-07-29 at 07.40.29

Untuk meningkatkan Tridharma Perguruan Tinggi (PT) yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka Program Studi Hukum Program Magister (PHPM) Untag Semarang telah menjalin kerjasama dengan PHPM Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya.

Kerjasama kesepahaman tersebut tertera dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Ketua PHPM Untag Prof. Dr. Liliana Tedjosaputro, SH, MH, MM dan Ketua PHPM Pelita Harapan Dr. Sarimandiana, SH, MS.

Penandatanganan MoU tersebut  berlangsung di Gedung PHPM Untag, jl. Pemuda 70 Semarang (26/7).

Hadir pada acara itu, Ketua Prodi Hukum Program Doktor Untag, Prof. Dr. Sarsintorini Putra, SH, MH. Wakil Dekan bidang akademik FH Untag, Totok Tumangkar, SH, MHum dan Sekretaris PHPM Untag, Edi Pranoto, SH, MHum, serta para mahasiswa PHPM dari kedua belah pihak.

Prof. Liliana mengatakan bahwa Tridharma Perguruan Tinggi merupakan tanggung jawab sosial yang tidak boleh diabaikan begitu saja, Oleh karenanya, para pendidik  diwajibkan untuk melaksanakan tiga aspek dalam Tridharma PT tersebut.

Jadi adanya anggapan bahwa kampus hanyalah sebagai pusat pengajaran dan pendidikan, maka itu kurang tepat, karena Kampus juga merupakan tempat untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Maka seluruh program-program maupun mata kuliah yang diajarkan kepada mahasiswa hendaklah juga mengandung ketiga aspek Tridharma PT.

Atas dasar inilah kerjasama Tridharma PT itu telah dilangsungkan, dalam rangka untuk melakukan peningkatan mutu pendidikan hukum, baik pada tingkat fakultas maupun PHPM, yang dilakukan secara bersama sama, disamping itu, juga melakukan pengembangan kurikulum, metodologi pembelajaran serta peningkatan sumber daya manusia.

Maka untuk mendukung kegiatan itu, dalam nota kesepahaman juga telah disepakati adanya penyediaan ahli untuk kegiatan seminar maupun kegiatan ilmiah, bantuan bahan pengajaran, bantuan fasilitas pendidikan, melakukan penelitian  bersama serta studi banding.

Dr. Sarimandiana sangat berterima kasih bahwa program studi yang dia pimpin dapat bekerjasama dengan PHPM Fakultas Hukum Untag Semarang, karena dia tahu bahwa Fakultas Hukum Untag sudah sangat pengalaman, mengingat usianya yang sudah cukup tua, yaitu 56 tahun, jadi tidak heran kalau mutu dan kualitas serta jumlah mahasiswanya lebih banyak.

Dia meyakini dengan kerjasama ini, Fakultas serta PHPM Pelita Harapan Surabaya dapat menimba berbagai hal, sehingga dengan kerjasama ini diharapkan nantinya juga bisa membuka Program Kenotariatan maupun Program Doktor, serta memiliki kwalitas dan akreditasi seperti fakultas Hukum Untag Semarang yang telah dikelola secara profesional.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram